Alasan Bersepeda Adalah Olahraga Terbaik

Alasan Bersepeda Adalah Olahraga Terbaik

Fortificacionesdecartagena –┬áBagi mereka yang malas mengunjungi gym, bersepeda, berenang, atau lari menjadi pilihan olahraga yang menarik. Namun, berenang pasti cukup sulit dilakukan secara rutin maupun harian. Padahal berlari di tengah aktivitas kita cukup melelahkan. Jika kita termasuk orang yang sibuk, lari sudah pasti menjadi pilihan yang buruk untuk berolahraga. Bersepeda tentunya merupakan pilihan yang menarik di antara berbagai pilihan yang disebutkan di atas. Bersepeda memiliki banyak keutamaan mulai dari segi fisik, mental, sosial dan lingkungan. Itulah mengapa bersepeda tidak pernah masuk ke masyarakat.

Berikut beberapa alasan mengapa bersepeda adalah olahraga terbaik.

1. Efektif

Seiring bertambahnya usia, kita sibuk dengan lebih banyak hal. Namun, Anda tidak perlu khawatir kehilangan waktu untuk berolahraga, karena selain untuk berolahraga, sepeda juga menjadi alat transportasi yang efektif. Mengendarai sepeda ke kantor atau ke tempat berbaring tidak hanya membakar kalori, tapi juga menyegarkan hari yang penuh dengan banyak aktivitas. Tak hanya itu, sudah banyak dampak negatif bagi kesehatan mental jika kita menghadapi kemacetan setiap hari. Terganggunya bersepeda tentunya dapat membawa perubahan signifikan baik pada kesehatan fisik maupun mental.

2. Menghemat uang

Harga sepeda tentunya lebih murah dari pada sepeda motor selain itu perawatannya jauh lebih murah dari pada kendaraan bermotor. Selain itu, Anda tidak perlu mengisi bahan bakar di SPBU sambil bersepeda. Jadi setiap kali Anda naik sepeda, Anda menghemat uang. Untuk bikin jersey sepeda pun cukup terjangkau.

3. Bersepeda bisa bikin kamu pintar

Studi tersebut menunjukkan bahwa bersepeda yang digunakan dalam rutinitas sehari-hari sebagai olah raga dapat mengasah daya pikir kita. Ini karena bersepeda dapat mengaktifkan sel-sel di otak, yang memicu saraf untuk meningkatkan produksi protein. Bersepeda juga membantu membawa saraf untuk berkomunikasi lebih efektif satu sama lain. Sederhananya, asupan informasi Anda meningkat dan konsentrasi Anda meningkat.

4. Bersepeda merupakan salah satu pilihan transportasi yang terbukti cukup aman

Banyak orang beranggapan bahwa bersepeda adalah hal yang berbahaya, apalagi di kota-kota besar dengan jumlah mobil dan motor yang banyak. Namun, ini tidak benar secara statistik. Dalam statistik yang tercatat untuk penduduk Amerika Serikat, kebanyakan orang meninggal karena serangan jantung, dimana probabilitasnya adalah 467: 1. Sedangkan probabilitas kematian pada sadel sepeda hanya 340845: 1. Jadi Anda tidak perlu khawatir tentang bahaya bersepeda ,.

5. Bersepeda bisa lebih membangun otot

Karena bersepeda mengaktifkan bokong, paha depan dan otot, tentunya dengan bersepeda lebih sering, Anda akan mendapatkan otot di tulang punggung hingga pergelangan kaki.

Selain itu, keseluruhan otot di tubuh Anda akan lebih menjaga keseimbangan tubuh. Ini dapat meningkatkan postur dan kekuatan.

6. Bersepeda dapat meningkatkan mood Anda

Ada berbagai penelitian ilmiah yang menunjukkan bahwa bersepeda dapat meningkatkan mood, menghilangkan stres, dan melepaskan endorfin di otak. Hal ini dapat dibuktikan dengan mencoba membandingkan ekspresi wajah pengendara sepeda, pengendara mobil dan pengendara sepeda motor. Tentu saja ekspresi mereka berbeda.

7. Bersepeda bisa membakar kalori bahkan saat Anda sedang tidak bepergian

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa pengendara sepeda akan terus membakar kalori meski mereka tidak bersepeda. Penelitian ini juga tidak dilakukan pada atlet, tetapi pada pekerja yang menggunakan sepeda sebagai alat transportasi pilihannya.

Ini karena otot kita bekerja lebih efisien saat digunakan untuk bersepeda. Sedikit olahraga membakar lebih banyak kalori dibandingkan mereka yang tidak bersepeda. Pengendara sepeda yang sudah terbiasa kemana-mana, selain menghabiskan tenaga untuk mengayuh, akan lebih terbiasa melakukan berbagai aktivitas tanpa menghalangi “magera”. Ini tentu saja akan membakar kalori bahkan saat kita tidak berada di sadel.

Artikel yang Direkomendasikan