Alasan dan Manfaat Magang Di Perusahaan

Alasan dan Manfaat Magang Di Perusahaan

Fortificacionesdecartagena –┬áMagang dapat diartikan sebagai bagian dari sistem pelatihan vokasi yang dilaksanakan secara terintegrasi dan langsung di bawah bimbingan dan pengawasan karyawan yang lebih berpengalaman di perusahaan. Program magang perusahaan dirancang untuk mendidik siswa agar menguasai keterampilan atau pengetahuan tertentu. Sayangnya, masih banyak perusahaan atau situs yang merasa bahwa program magang ini hanya untuk kemajuan dan kemaslahatan mahasiswa. Karena mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman kerja sekaligus melihat perpecahan dan membenamkan diri langsung di dunia kerja tanpa beban kerja yang berat. Meskipun program magang juga dapat memberikan banyak manfaat bagi dunia usaha. Cari tahu tentang alasan dan keuntungan membuka program magang berikut di perusahaan Anda.

Peraturan tentang program magang di perusahaan

Pemerintah telah menetapkan aturan magang di Indonesia untuk menghindari kebingungan tentang hak-hak siswa. Seperti Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, yang mengatur tentang sistem pemagangan di Art. 1 klausa 11. Selain itu, Permenakertrans nomor PER / 22 / MEN / IX / 2009 juga mengatur tentang penerapan sistem pemagangan di dalam negeri. Misalnya, hak dan kewajiban siswa dijelaskan dalam pasal 15 ayat 1 dan 2, dan pasal 16 ayat 1 dan 2.

Permenakertrans PER / 22 / MEN / IX / 2009 Pasal 4 membatasi jumlah peserta magang yang dapat dipekerjakan, yaitu maksimal 30% dari jumlah karyawan. Ini untuk menjaga stabilitas industri dan lapangan kerja. Meskipun ada pekerja magang yang bekerja dengan sangat baik, perusahaan merekomendasikan agar Anda mempekerjakan mereka secara permanen.

Tujuan Program Magang

Sedangkan untuk program magang tentunya tidak lepas dari nama mahasiswanya. Siswa adalah salah satu magang dan magang yang diinginkan setiap perusahaan. Ada beberapa alasan mengapa mahasiswa harus mengikuti program magang di perusahaan.

  • Setiap mahasiswa peserta program magang perusahaan dapat bekerja langsung di industri atau perusahaan.
  • Memperoleh pengalaman profesional di industri atau perusahaan.
  • Mengenal lingkungan kerja nyata di industri atau perusahaan.
  • Memahami proses kerja perusahaan seperti kinerja produk, tenaga kerja, disiplin dan keselamatan kerja.
  • Bandingkan ilmu yang diperoleh selama perkuliahan dengan pelaksanaan magang di industri atau perusahaan.
  • Mendapatkan pengetahuan dan informasi tentang pekerjaan selama magang.
  • Menerapkan keterampilan praktis yang Anda pelajari selama belajar di dunia industri atau perusahaan nyata.

Alasan membuka program magang di perusahaan

Mempekerjakan seorang magang memiliki beberapa keuntungan yang lebih dari sekadar mempermudah pekerjaan Anda.

  • Membuka program magang di perusahaan merupakan metode yang efektif untuk merekrut bakat baru dan menguji kemampuan mereka untuk bekerja dan beradaptasi di lingkungan perusahaan. Jika dia dianggap berhasil, perusahaan dapat menawarkan status karyawan tetap kepadanya. Jika magang tersebut nantinya dipekerjakan secara permanen, dia akan lebih terbiasa dengan budaya dan ritme pekerjaan daripada karyawan baru yang direkrut.
  • Mempekerjakan dan mengelola mahasiswa memberi perusahaan kesempatan untuk mempertajam kepemimpinan mereka.
  • Perusahaan dapat mengubah siswa menjadi karyawan yang ideal dengan membimbing mereka.
  • Dapat meningkatkan produktivitas Anda secara keseluruhan.
  • Tidak membutuhkan biaya yang tinggi agar semangat kerja siswa dapat optimal.
  • Membuka program magang di suatu perusahaan juga bisa menjadi metode promosi dan menjangkau perusahaan. Jika sebuah perusahaan menyediakan lingkungan kerja yang menyenangkan bagi peserta pelatihan, reputasi ini menyebar ke siswa lain. Tentu saja, bakat baru sangat menarik bagi perusahaan Anda.

Program magang yang efektif

Umumnya, program magang berlangsung dari 3 hingga 6 bulan dalam satu periode. Siswa ditugaskan ke fakultas dan diberi berbagai tugas selama magang. Biasanya mahasiswa ditempatkan di bawah pengawasan pegawai yang memberikan supervisi dan bimbingan. Selama masa magang, peserta pelatihan diharapkan bekerja dengan anggota dan departemen lain di perusahaan.

Kamu juga bisa magang di perusahaan Jasa Backlink sebagai penulis lepas.