Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno5 5G

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno5 5G

Fortificacionesdecartagena – Selain OPPO Reno5 versi 4G, Indonesia juga akan mendapatkan versi 5G di pasaran. Nyatanya, tidak hanya dua versi tersebut, OPPO juga merilis Reno5 yang hanya tersedia di Indonesia yakni OPPO Reno5 F. Namun kali ini kita akan membahas kelebihan dan kekurangan dari versi 5G.

Dari segi spesifikasi, tidak berbeda jauh dengan 4G kecuali beberapa parameter, seperti penggunaan chipset, ketersediaan slot memori eksternal, dan resolusi kamera selfie. Apa saja seluk beluk versi 5G ini? Lihat pro dan kontra di bawah ini.

Keunggulan OPPO Reno5 5G

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli HP OPPO Reno5 5G, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa keunggulan yang telah dirangkum Carisignal di bawah ini.

1. Chipset yang kuat

Tidak seperti rekan 4G-nya, OPPO Reno5 5G ditenagai oleh chipset yang sama kuatnya di kelas harganya, yaitu Snapdragon 765G. Chipset Qualcomm ini juga telah digunakan oleh beberapa ponsel kelas menengah lainnya, seperti vivo X50 5G dan vivo X50 Pro. Sebagai informasi, ini bukan kali pertama Snapdragon 765G menyambangi seri Reno. Sebelumnya, OPPO Reno3 Pro dibekali chipset yang sama.

Tidak ada pertanyaan tentang kinerjanya. Menurut Nanoreview.net, Snapdragon 765G telah melampaui angka 300.000 untuk benchmark AnTuTu v8. Itu sekitar 12% lebih banyak dari Snapdragon 720G yang mendukung versi 4G ponsel ini. Dengan performa yang lebih tinggi ini, kamu juga bisa menikmati gameplay yang lebih mulus untuk game-game berat seperti PUBG Mobile atau Free Fire.

2. Desain bodi ramping dan ringan

Dari segi tampilan, sekilas terlihat seperti versi 4G. Tak diragukan lagi, OPPO Reno5 5G ini tetap mengusung desain belakang yang unik dan berkelas. Sama tipisnya, ponsel ini hanya setebal 7.9mm. Hampir tidak lebih tebal dari 4G yang berukuran 7,7 mm. Siapa pun dapat menggunakan ponsel ini dengan nyaman, di tangan atau di saku celana.

Bodi ramping OPPO Reno5 5G juga mempengaruhi bobotnya yang ringan 172 gram. Desain bodi ergonomis inilah yang sangat digemari masyarakat karena menggabungkan teknologi tanpa membuatnya berat untuk penggunaan sehari-hari.

3. Panel OLED dan kecepatan refresh 90Hz

Xiaomi Mi 10T sering dianggap yang terbaik di kelasnya, menawarkan kecepatan refresh tertinggi di industri. Tapi ada satu hal yang tidak dimilikinya: panel OLED. Di sinilah OPPO Reno5 5G unggul. Tidak seperti kebanyakan ponsel di mana Anda harus memilih antara panel OLED atau refresh rate yang tinggi, smartphone OPPO ini memiliki keduanya.

Meski tidak sebesar Xiaomi Mi 10T, namun refresh rate 90Hz pada OPPO Reno5 5G lebih dari cukup untuk menampilkan konten visual yang halus. Sementara itu, rasio kontras dan tingkat kecerahan yang tinggi pada layar juga sangat enak dipandang mata.

Diketahui, kecerahan maksimal mencapai 750 nits, lebih tinggi dari versi 4G yang 600 nits sehingga terik matahari tidak menghalangi Anda untuk beraktivitas di luar ruangan.

4. Kecepatan pengisian super cepat

Apakah menurut Anda fungsi pengisian daya flash 50W di OPPO Reno5 sudah cukup besar? Nantikan varian 5G yang memiliki teknologi fast charging yang lebih cepat, yaitu 65W. Dengan baterai 4.300mAh, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi penuh secara signifikan kurang dari satu jam.

Ada fitur penghemat baterai yang luar biasa sehingga membuat sisa baterai sedikit bisa digunakan untuk berbagai aktivitas seperti WhatsApp atau mendengarkan lagu di Spotify selama berjam-jam. Jadi dengan masa pakai baterai yang lama dan waktu pengisian yang lebih sedikit, produktivitas Anda sekarang akan berlanjut tanpa gangguan notifikasi baterai lemah.

Dan, bagi Anda yang membawa kabel OTG, Anda juga dapat berbagi sebagian isi baterai dengan perangkat lain menggunakan teknologi reverse charging.

Waktu pengisian daya ponsel ini juga sangat cepat, dari 0 hingga 100% dapat diisi hanya dalam waktu 38 menit, setidaknya itulah yang dilansir di laman Unbox.ph.

Kekurangan OPPO Reno5 5G

Meskipun banyak kelebihan yang ditawarkan, HP ini juga memiliki beberapa kekurangan yang harus dipertimbangkan sebelum membeli. Inilah beberapa kekurangan dari OPPO Reno5 5G.

1. Tidak ada slot memori eksternal

Terkadang memori internal saja tidak cukup. Anda membutuhkan dukungan slot microSD agar data file dapat disimpan di tempat tersendiri, tidak digabungkan dengan aplikasi. Sebuah kebutuhan yang tidak akan terpuaskan di OPPO Reno5 5G karena ponsel tidak menyediakan slot memori eksternal sama sekali.

2. Turunkan resolusi kamera depan

Kamera depan OPPO Reno5 5G ternyata tidak memiliki resolusi setinggi versi 4G. Alih-alih menampilkan lensa depan 44 MP, ponsel ini hanya dilengkapi kamera beresolusi 32 MP. Tentu saja, ini bukan kelemahan utama, tetapi sesuatu yang mengejutkan beberapa orang. Pasalnya, versi 5G masih dianggap sebagai versi terbaik. Tak disangka, ternyata ada settingan yang justru diturunkan. Tapi jangan khawatir, selfie selalu luar biasa!

3. Gunakan hanya satu speaker

Perendaman penting dalam hal menikmati film. Tentu saja, dengan speaker stereo Anda dapat mendengar suara yang lebih keras dan seimbang. Namun, speaker ganda ini bukanlah barang mewah yang tersedia di semua ponsel termasuk OPPO Reno5 5G baru yang dapat memuaskan Anda hanya dengan satu speaker.

Sumber : Berita Teknologi Terbaru

Artikel yang Direkomendasikan